Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan
======================================





Bawang merah, ini bukan barang langka lagi. Semua orang pastinya tahu salah satu bumbu dapur yang membuat banyak mata menangis ketika sedang mengirisnya. Hampir semua masakan menggunakan bawang merah untuk kelengkapan rempah maupun untuk menjadikan rasa makasakan pas sesuai dengan lidah. Bahkan bawang merah goreng atau biasa kita sebut bawang goreng, menjadi favorit sebagian besar masyarakat karena rasanya yang gurih dan sangat lezat dipadukan dengan beberapa masakan. Padahal sebenarnya, bawang merah akan lebih berkhasiat apabila dikonsumsi  sebagai obat herbal seperti Obat Titan Gel yang sangat baik buat kesehatan pada tubuh anda dalam keadaan masih mentah dan belum dimasak.





Manfaat bawang merah mentah

Berikut beberapa manfaat bawang merah yang dikonsumsi dalam keadaan mentah yang akan didapatkan oleh tubuh :

    Mengatasi Sembelit

Bagi sebagian orang yang mengalami sembelit maka perlu mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah. Hal ini dilakukan karena bawang merah dapat membantu prses pembuangan racun pada tubuh. Sehingga proses apabila terjadi sembelit, maka boleh mencoba mengatasinya menggunakan bawang merah mentah.


    Mencegah Terjadinya Kanker

Kanker diketahuai sebagai salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu banyak peneliti mencari obat alternatif untuk mengobati kanker. Beberapa ahli menyebutkan bahwa kandungan senyawa belerang  yang ada di dalam bawang merah dapat mencegah terjadinya kanker. Senyawa aktif yang ada pada bawang merah mentah berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker yang ada dalam tubuh. Sehingga untuk pencegahan penyakit kanker, perlu dikonsumsi bawang merah mentah, agar sel kanker yang ada tidak berkembang dan menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi. Selain senyawa belerang, bawang merah mentah juga memiliki kandungan sulfur yang dapat melindungi tubub dari beberapa penyakit kanker seperti kanker lambung, usus, payudara paru-paru dan juga prostat.

    Menyehatkan Jantung

Kandungan Sufida Methylallyl dan asam amino sulfur yang ada di dalam bawang merah dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh. Banyak mengkonsumsi bawang merah mentah akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal dan membuat peredaran darah tidak terganggu, sehingga dapat  meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu kandungan yang ada dalam bawang merah juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi yang sering terjadi bagi sebagian masyarakat dan juga bermanfaat membuka arteri yang tersumbat. Itulah mengapa, semua penjual sate menambahkan bawang merah mentah dalam irisan bumbu sate. Hal ini karena sebenarnya sate yang telah dibakar memiliki kandungan kolesterol jahat dan zat besi yang sangat tinggi. Untuk itu, penjual menambahkan bawang merah dalam bumbunya untuk menetralkan kolestereol yang masuk dalam tubuh ketika memakan sate.

    Mengontrol Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin pada tubuh. Sedangkan kandungan yang ada dalam bawang merah mentah berfungsi untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Untuk itu, bagi penderita diabetes dapat mengkonsumsi bawang merah mentah secara teratur untuk menjaga kadar insulin yang ada dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan terlebih bagi penderita diabetes.

artikel terkait: manfaat bawang bombay

    Masalah Pendarahan

Pendarahan yang sering dialami seperti pendarahan pada hidung atau yang sering kita sebut mimisen dapat disembuhkan dengan menggunakan irisan bawang merah mentah. Caranya mudah, yakni dengan menghirup irisan bawang merah mentah, darah yang keluar dari hidung akan berhenti. Selain mengobati mimisen, bawang merah mentah juga dipercaya sangat efektif dalam mengobati wasir atau dengan nama lain hemoroid.

Komentar